SEKRETARIS DESA HARUS MAMPU MENJADI AKSELERATOR DIGITAL MENUJU DIGITALISASI DESA - DESA NAGRAK

Para sekretaris Desa se-Kabupaten Sumedang mengikuti kegiatan Sosialisasi Aplikasi Sistem Mekanisme Pengajuan Dokumen (SIMEDOK) bertempat di Saphire City Park (Sacipa) yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sumedang yang terbagi dalam beberapa gelombang.

Siang tadi adalah gelombang kedua pelaksanaan kegiatan sosialisasi "SIMEDOK" yang dihadiri langsung oleh Bapak Herman Suryatman (Sekda Kabupaten Sumedang) untuk memantau langsung progres pelaksanaan kegiatan sejauh mana para Sekretaris Desa mampu memahami tentang Aplikasi ini dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan ringan secara acak kepada peserta. Dalam arahannya beliau berpesan bahwa Sekretaris Desa harus mampu mengakselerasi segala tuntutan pekerjaan berbasis digital agar dapat memberikan pemicuan terhadap profesionalisme Perangkat Desa yang lain dilingkungan Pemerintah Desa setempat.

SIMEDOK adalah aplikasi yang diluncurkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses penyampaian/pengajuan berbagai dokumen keuangan dari tingkat desa agar pekerjaan pada bidang ini dapat berjalan secara efektif dan efisien. SIMEDOK akan diupayakan bisa efektif berjalan mulai tahun ini untuk penyampauan ajuan-ajuan tahap selanjutnya setelah tehap sebelumnya telah dilakukan secara manual. Kedepan, para pengelola keuangan desa tidak perlu lagi bolak-balik menyampaikan dokumen pengajuan ke tingkat kabupaten, cukup hanya dengan mengakses SIMEDOK yang sudah terintegrasi dengan Aplikasi e-Office Desa yang sudah digunakan oleh seluruh Pemerintah Desa di Kabupaten Sumedang.

Bukan hanya SIMEDOK, selain menampilkan surat menyurat secara elektronik dan fitur-fitur lainnya melalui aplikasi e-Office ini Perangkat Desa se-Kabupaten Sumedang juga melakukan absensi kehadiran secara digital, dan ini sudah efektif berjalan sejak Tahun 2020.

Demikian kabar terkini kami sampaikan.

Sekretariat Pemerintah Desa Nagrak